.comment-link {margin-left:.6em;}

Tuesday, April 29, 2008

Suka penasaran kenapa ada website seseorang lebih populer ketimbang yang lain ? Trus, kenapa ya, orang kerap bolak balik ke website tersebut ?

Ini rahasianya: Yang penting ISInya ! beneran.. isinya alias content merupakan syarat utama website yang kerap dikunjungi orang.

1. Isinya musti menarik dan diperbaharui terus menerus. Website jenis ini harus fokus agar mampu memiliki pangsa pasar dan menjadikan mereka pengunjung rutin.
Bagaimana supaya isi tetap menarik dan diperbaharui terus ? Buatlah website dengan fitur blog atau news update. Isinya ya, berita-berita aktuil dan fokus. Jangan tamak dengan memasukkan semua berita, kecuali website kamu emang temanya gado-gado. Tapi percayalah, tema gado-gado seringkali tidak sukses di pasaran. Alasannya sederhana: pangsa pasarnya jadi gak jelas, kecuali kamu buat segmen-segmen sendiri dan dipecah menjadi beberapa topik. Kalau maksa mau gado-gado, ya bikin blog. Nah, blog sendiri punya tema yang fokus juga kan.. apa itu diari perjalanan hidup kamu, portofolio, tips menarik buat pembaca dan sebagainya. Jadi, jelilah memutuskan ISI website. Kalau gak yakin isinya fokus, tersegmentasi dan diperbaharui terus.. pikir ulang tujuan kamu membuat website.

2. Isinya berisi sumber-sumber referensi yang diminati orang. Buatlah pembaca terbius dengan informasi akurat yang kamu punya. Ini butuh energi dan jam terbang tinggi. Seiring waktu, kamu bisa mempelajari siapa pembaca websitemu dan apa yang mereka butuhkan dari media yang kamu tawarkan. Contohnya, website yang menyajikan tutorial maupun artikel khusus mengenai suatu subyek.

3. Memiliki komunitas interaktif. Sering kali kita sebut social network features, fitur jejaring sosial. Website seperti ini biasanya memiliki fitur forum, wiki maupun fitur lain yang tujuannya membangun jaringan sosial. Website model ini memberi kesempatan pada pembaca / pemakainya untuk ikut terlibat mengisi website. Tanpa keterlibatan pemakai, website ini tidak akan bicara banyak ! Contoh website seperti ini adalah facebook, digg, dst. Tips agar pemakai / pembaca tetap loyal dan aktif memperbaharui isi website cuma satu: minta mereka melanggan website. Sediakan fitur subscribe / keanggotaan maupun agregator / feed / RSS sebagai alat lacak berita bagi pelanggan.

Tidak menafikan desain dan peluang inovasi lain, cobalah tanyakan dirimu sendiri:
mengapa website itu perlu ditandai ? disimpan sebagai favorite dan di bookmark ?
mengapa perlu kembali ke website itu lagi ? apa yang menarik ?
mengapa perlu merekomendasikan web itu ke teman-teman ?

Dengan menjawab pertanyaan tersebut, berjuanglah untuk membangun website populermu sendiri! Gutlak!

Labels: , , , , ,



Comments: Post a Comment


Links to this post:

Create a Link

~~~~~ .. ~~~~~